Oleh: agroihutan | September 3, 2008

TENTANG BETERNAK BABI….

Tentang Beternak Babi….

Prof.Dr. Sihombing, ahli peternakan babi dari IPB Bogor, pernah juga mampir memberikan ‘kuliah lapangan’ di Pagarbatu, khususnya tentang bagaimana cara beternak babi secara sederhana. Tampak dalam gambar, prof. tsb. sedang memberikan penjelasan kepada Bupati Tapanuli Utara beserta tamu-tamu lainnya.

Bupati Taput meninjau Agroihutan

Bupati Taput meninjau Agroihutan

                Masih mungil-mungil, tapi gedenya bisa jadi duit….

Responses

  1. Hayoo, ada yang berminat investasi di peternakan babi….?

    GF Sim /
    Agroihutan

    • Perbedaan makan kering sama makanan basah pada ternak babi apa, dan mana yg lebih menghasilkan?

    • saya berminat untuk usaha ternak babi. saya tinggal di flores lembata, kesulitan utama dalam ussaha ternak babi yakni pemberian pakan masih tradisional. dimana kami dapat mendapat pakan babi yang baik untuk area surabaya agar kamidapat memesannya

    • saya sangat berminat memelihara babi
      tapi saya ingin paham dengan ransum ya bantu saya ya pak

    • please buat yang sdh berpengalaman dlm berternak babi sy minta bnyk info dan masukannya sebab sy pecinta hewan ternak ini dan di daerah sy kesulitan bahan pakan sy kepingin membuat pakan sendiri tp tdk tau komposisi dan bahan dasar pakannya, thank’s.

  2. kami dari komunitas pemuda berencana beternak babi di kecamatan Belinyu Prov.Bangka Belitung. Mohon bimbingan dari Agroihutan. adapun luas daerah peternakan sekitar 2 ha.

  3. Mudah2an kami bisa membantu. Karena saya berada di Jakarta, tolong berhubungan langsung dengan pak Leo Tobing yang lebih banyak berada di Pagarbatu. Hubungi saja emailnya . Mungkin beliau akan menghubungkan Anda langsung dengan DR. Sihombing. Semoga sukses…
    GF Sim

  4. pak, kami mau mencoba membuat peternakan babi yang akan kami tanyakan adalah bagaimana / skema dari perkandangannya. terima kasih

  5. Saya tertarik untuk ternak babi, saya tinggal di semarang, menurut anda di daerah mana yang baik untuk ternak tersebut yang dekat dengan kota semarang?

    Thanks

  6. Untuk daerah yang baik atu cocok tentunya yang paling tahu pengusaha2 di Semarang, kami terus terang kurang tahu. Yang penting, memilih lokasinya harus dipertimbangkan faktor lingkungan dan sosialnya. Jangan sampai ditentang oleh masyarakat setempat, karena faktor kebersihan, agama dsb.

  7. saya berencana memulai usaha ini di kampung saya di Meat , Balige, tapi saya masih belum tahu bagaimana agar kotoran ternak ini tidak menjadi sumber penyakit atau merusak lingkungan. saya sih pernah berpikir akan mengubah kotorannya menjadi biogas, tetapi saya tidak punya info mengenai bagaimana membuatnya. saya minta tolong dibantu untuk membuat teknologi biogas ini. mauliate

  8. saya pengen belajar beternak babi di bali. mohon petunjuk maupun saran tentang pakan, kandang dan pemasaran

  9. berapa minimal pemeliharaan untuk penggemukan untuk mendapatkan hasil yang baik

  10. terima kasih atas infonya

  11. saya mau tanya dimana saja pelatiha petrnakan babi disumatera utara? dan apa-apa saja langkah-langkah utk memenuhi kriteria mengikuti pelatihan ternak babi di sumut?

  12. SAYA MAU TANYA DIMANA BISA MENDAPATKAN PELATIHAN BETERNAK BABI DI BALI DAN BAGAIMANA CARANYA BISA IKUT PELATIHAN SERTA
    MENDAPATKAN MODAL UNTUK USAHA BETERNAK BABI

  13. saya pengen tau lebih lagi tentang beternak babi..juga agar cepat besar & menghasilkan anak yang banyak, karena selama ini teman saya usaha babi tapi panennya lama juga anaknya max 10 itupun nanti sakit-sakitan dan banyak yang mati tolong saya diinformasikan agar kalau saya mau usaha tdk rugi he…

    • saya renca mau ternak babi dipapua tapi,biasanya kena musiba ondoju jadi malas obatnya itu apa…….?

      • iya di vaksin to,..

  14. saya mau tanya darimana dpt info yang lengkap dan detail ttg beternak babi, dmn sy bisa ikut pelatihan ternak babi di kupang.

  15. Saya berminat untuk beternak babi, tetapi saya mau cari pengalaman terlebih dahulu.
    saya bingung hendak kemana saya mencari tempatnya

  16. Bagi saudara2 semua yang menanyakan segala sesuatu mengenai kegiatan atau cara-cara beternak babi, kami persilahkan berhubungan atau berkonsultasi langsung dengan Prof. DR. Sihombing melalui email ke hotnida_siregar@yahoo.com atau ke
    parsaoran_silalahi@yahoo.co.id
    Beliau telah berhasil kami hubungi dan memberikan alamat emailnya. Sekian, semoga usaha2 Anda berhasil dengan sukses.
    Horas,

    • bagaimana cara mengatasi penyakit berak susu pada anak babi

  17. pa saya mau tanya gimana caranya mengrmukan babi,dan bagaimana caranya,jika babi itu biar pertumbuhanya cepat besar….,apakah saya harus memberikan,makanan yang banyak atau kah saya harus bagaimana pa….makasih
    GBU.

    • Di beri mkn yg bnyk sja bos biar cpt gemuk

  18. Cara beternak babi yg baik agar cepat besar bgmana?

  19. gmn cara2 berternak babi,,,,pembuatan kandang yang tepat..thx

  20. saya berencana mau beternak babi tapi saya bingung bagaimana cara beternak babi yang baik dan gmana pola makannya yang bagus…

  21. pak..! Mana lebih bagus, kwalitas daging babi, yang pakan jadi. Dengan yang tradisional.!

  22. sata baru mulai beternak babi,tolong info pakan dan oabat jika bayuk2 saeta vitaminnya

  23. saya baru mulai beternak babi putih (bajong) yang lemak sedikit ,tolong info obatnya jika agak batuk2 dan vitamin,dikabupaten sekadau kalbar karena mayoritas suku dayak yang sangat banyak memerlukab babi utk gawai,kawin adat,hari raya natal paskah,maupun acara adat istiadat lahir maupun meninggal, trim bantuanya.

  24. Bagi saudara2 semua yang menanyakan segala sesuatu mengenai kegiatan atau cara-cara beternak babi, kami persilahkan berhubungan atau berkonsultasi langsung dengan Prof. DR. Sihombing melalui email ke hotnida_siregar@yahoo.com atau ke
    parsaoran_silalahi@yahoo.co.id
    Beliau telah berhasil kami hubungi dan memberikan alamat emailnya. Sekian, semoga usaha2 Anda berhasil dengan sukses.
    Horas,

    • salam..
      saya sdh cb mengirim email kpd alamat tsb di atas tetapi smp skrg blm ada balasannya. apakah ada alamat yg lain pak..???

  25. Salam…..
    Saya sedang berencana beternak babi di NTT (Kupang) mohon deiu beri masukan tentang berternak babi utk 10-15 ekor babi, mengenai kandang, pakan, bibit dan pemasaran, terima kasih

  26. paling susah kalo mengobati babi mencret…..mohon di beri tau obatnya……
    >>>> kalo mau tau info update harga babi dimana ya??? maslahnya setiap panen pasti harga babi turun drastis…..
    NYOMAN – LAMPUNG TIMUR

    • pak di coba dgn obat merk Medoxy LA

  27. Pak, saya pingin memulai beternak babi, mohon infomasi menyeluruh terhadap peternakan babi ini, baik dari kandang, makanan, penyakit dan pemanfaatan kotorannya

    Terima kasih
    Dewa – Gianyar bali

  28. gimana cara pakan ternak yg baik apa aja yg mau di barikan makanan nya

  29. umur brpa sebaiknya babi utk pembsran pak?
    kira2 hrga saat ini sktar brpa yah?tks

    • Untuk pembesaran babi di saat umur 2,5 Tahun – 3 Tahun bisa digunakan untuk pembesaran, untuk harga itu tergantung pada wilayahnya masing – masing

  30. saya mau tanya obat babi untuk mencret apa ya?

    • pak haris pengalaman saya gunakan obat Medoxy LA dan saat babi kecil masih dgn induknya disuntik dgn obat Ferdex Plus Ok tx

  31. Kami sangat membutuhkan informasi mengenai Tata Cara Babi Juga Mengenai Pakan dan Marketnya khusus di Daerah Bali Bagi teman teman
    Yang berkenan Mohon Share infonya Suksema
    Kalo Boleh sekalian bagi tata cara pemberian Pakan Yang baik…..

    Mohon Share Infonya kesini boleh juga ke Email saya gustiayupetang@yahoo.com

    Trims salam Sukses but semua

  32. Buat Saudara Haris kami juga mengalami hal yang sama coba carikan daun Jambu Biji kemudian di Ulek dan airnya kasi babi nya ….setau saya 2 atau 3 kali pasti mampet kalo berlanjut panggil Dr Hewan semoga bermanfaat

    thks

  33. saya mau cara pengeloaan kandang babi yang efektif dan efisien .

  34. saya mau beternak babi….!!! bagaimana cara ngasi makan…? makanan yang cocok apa saja biar babinya cepat gede…?

  35. bagaimana cara merawat babi agar cepat besar dan gemuk,.trims

    • Ksi mkn aja bli tiap hari psti nanti cpt bsar babix.

  36. cara berternak babi yang baik dan benar

  37. saya pingin tau tentang cara peternak babi di daerah mana saja dibali cocok beternak babi

    salam agung putra

  38. bisakah babi bertelor??????

    • bisa kan kamu telor babinya

    • yang benar bukan bertelor om jamal…..bersalin….

  39. saya ingin menanyakan cara berternak babi yang baik,serta pemilihan bibit yang baik untuk indukan.danjuga mau menanyakan pakan yang bagaimana seharusnya diberikan agar pertumbuhan babi bagus. terimakasih

  40. untuk beternak babi sebagai tabungan cukup memelihara 5 ekor untuk digemukkan karena bisa memanfaatkan limbah rumah tangga, untuk beternak babi sebagai mata pencaharian peliharalah 25 induk babi dan 2 pejantan karena akan mencukupi untuk menutupi kebutuhan satu rumah tangga, tapi kalau mau bermain di pasar ternak babi minimal kita pelihara 200 induk babi produktif, layak dibuat menjadi satu perusahaan komersial.

  41. Beternak babi sangat menguntungkan.
    KARENA SETELAH MELAHIRKAN INDUK BABI LANGSUNG BIRAHI LAGI

  42. pak,saya ingin bertanya, mengapa babi saya yang induk kan kulitnya mengelupas,seperti ganti kulit pada manusia?

  43. saya mw tnx bagaimna cara menggemukkan babi dan cepat besar?serta obat agar babi napsu makan.

    • Bagaimana cara mengatasi babi mencret,membuat cepat besar dan kuat?

    • Ksi obat irex sja mbak…

  44. perbandingan antara budget yg dibutuhkan (pakan pelet) hingga babi layak jual (+- 100 kg 6-8 bulan)di daerah saya cuma +-300-400 ribu.sangat tidak sebanding dengan waktu dan tenaga.saya rasa perlu disosialisasikan bagaimana caranya membuat KONSENTRAT sendiri .karna di daerah saya harga konsentrat pelet babi @350ribu/karung sangat mahal dan ini made in japan.saya kira akan sangat banyak yg bisa dihemat kalo kami para peternak tau dan paham bahan2 yg diperlukan dalam membuat konsentrat.mohon perhatian nya ..akhir kata terima kasih .:)

    • Gimana cara buat pakan babi

  45. saya mau tanya berapa modal utama untuk membuat ternak babi…. atau bisa tidak membuat rincian pengeluaran ternak sampai panen. trim. darmayasa bali

  46. mohon di lengkapi bagaimana cara beternak babi supaya sesuai yang di harapkan untuk produksi 3 bulan bisa sekitar 80kg per ekor

  47. Cara membuat pakan babi

  48. kira2 bisa tau apa saja mengenai beternak babi!!!!
    baik dari pemilihan induk,pemilihan pakan yang terbaik,imunisasi,serta pembuatan kandang yang baik dan efisien.makasih

  49. Mohon informasi kalo ada semacam kelas untuk belajar beternak babi yang baik dari cari memilih bibit yang baik sampai dengan pembesarannya

  50. horas… saya akan memulai usaha ternak babi… apa saja kendala yang akan dihadapi.. bila beternak babi dengan modal minim thanks before

  51. bagaimana cara merawat babi agar cepat besar dan gemuk,. terima kasih dan salam sukses

  52. untuk rekan2 yang memerlukan pakan alternatif untuk babi bisa kunjungi http://www.pakan-alternatif.indonetwork.co.id.
    tersedia bahan baku pakan yang bisa digunakan apabila ingin meramu sendiri ransum untuk babi agar cepat gemuk dan sehat.
    untuk fast respon bisa call di 081335111222

  53. Saya ingin mengetahui peraturan daerah dan peraturan Mentan mengenai peternakan babi. lokasi saya di Jakarta dan saya tertarik untuk membuat peternakan babi. Apakah bole membuat peternakan babi di Bodetabek?

  54. Saya sedang beternak babi tlg bantu saya apa pakan dan komposisi supaya ternak saya cepat gemuk

    • pak mindo saya membagi pengalaman ya kalau babi spy cepat gemuk pertama tentunya pemeliaraan saat babi baru lahir sampai umur 2 bulan harus babinya sehat dan gemuk saat dipisahkan dari induknya sudah menggunakan pelet 550/551selama 1 bulan kemudian setelah itu gunakan makanan contohnya dedak 10 Kg Pelet 551 5 kg, kosentrat 152 5 kg jagung 15-20 Kg yg halus (saat digiling harus jagungnya kering utk terhindar dari babi mencret ) dan gunakan vitamin Pigmix 1 bungkus + garam 1 bungkus kecil pola ini digunakan selama 2 bulan dan setelah itu tinggal dedak di naikan samapai saat panen ok trims selamat mencoba

      • siang,pak saya beternak babi di manado,saya mau tanya berapa hari babi bisa mencapai 100kg?thank,s.

  55. Saya ingin beternak babi, tapi pengetahuan tentang itu belum ada, mulai dari cara pembuatan kandang yang baik, cara merawat dan pakan yang baik serta faktor2 lain yang harus diperhatikan untuk perkembangannya, mohon bantuannya

  56. Saya dan keluarga sudah lama berternak babi.
    Tapi usaha kami begitu2 saja tanpa perkembangan yang lebih..
    Mohon Info nya pak.

  57. menurut bapak bagaimana jika tongkol jagung qt olah menjadi pakan ternak babi, kirakira apa campuran yg cocok untuk itu?

  58. terlebih dahulu saya minta maaf bukan sombong atau sok pintar tapi dari pengalaman dari pengalaman saya selama ini cara penggemukan babi/fattening dapat diberikan pakan berupa dedak halus, jagung halus, pelet, 551 anak babi, dan consentrat 152 juga untuk anak babi, dengan takaran 100 kg dedak halus 40 kg jagung, dan 10 kg pelet 551 dan 10 kg consentrat 152 kemudian dicampur jadi satu lalu diberikan satu piring kecil tambah air bersih kurang lebih 2 ltr kemudian diaduk. pemberian pakan dilakukan pada pagi dan sore dan sebelum makan, kandang dan babi dibersihkan/dimandikan dahulu. biasanya dengan perawatan dan pemeliharaan sistem ini, akan memberikan perkembangan sekitar 10-15 kg perbulan. (perkekembangan ini hanya berlaku untuk babi yang masih keturunan murni bukan hasil kawin silang dengan babi lokal).
    Kalau ada yang bisa saya bantu silahkan hubungi saya di:
    berlinton_hp@yahoo.com atau silahkan sms ke 081263103752.
    oh ya saya tinggal di kab. tapanuli tengah -sumatera utara

    • horas lae..
      uda brp lm lae wirausaha ini dgn menggunakan sistem pakan itu?biaya pakan yg dikeluarkan dibandingkan dgn hasil penjualan daging babi itu apakah masih layak?

    • dimana saya bisa dapatkan babi keturunan murni itu lae?? mohon infonya…
      octosimbolon@yahoo.co.id

  59. Syalom……
    Pak, saya mau mencoba membuat peternakan babi. Yang akan saya tanyakan adalah bagaimana skema dari perkandangannya. saya mau tanya dimana saja pelatiha petrnakan babi di Bali ? dan apa-apa saja langkah-langkah utk memenuhi kriteria mengikuti pelatihan ternak babi di Bali ?
    Terima kasih.

  60. adakah pakan alternatif yang bisa mendongkrak pertumbuhan babi
    saya selama ini pakai pakan kering ternya biaya pakan kering justru lebih hemat dari pada kita pakai ampas tahu ………….

  61. bagaimana cara supaya anak babi cepat gemuk dan ga kunthing/cebol?

  62. selamat siang, maaf mengganggu, anda atau teman anda ada yg berminat magang di Jepang di perusahaan peternakan Babi? jika ada silahkan kontak kami.

  63. pak buka usaha ternak babi dengan modal 100jt,bagaimama prospek cara pembagiannya.mulai dari kandang sampai bibit dan pakan,lahan saya sudah tersedia,mohon pejelasanya.TERIMAKASIH;[081249811311]

  64. pak tolong bantu saya bagaimana cara menyusun ransum yang baik untuk babi.

  65. saya punya banyak induk babi dan saya ingin mengembangbiakkan anak babi saya………..tapi saya keterbatasan modal untuk membuat kandang babi

    adakah yang mau membantu saya?????

  66. saya peternak babi bajong hasilnya bagus jika umpan tersedia cuma agak jauh dari kota sehingga biaya mahal,lumayan juga sih untungnya terutama saat natalan,paskah dan gawai adat kebutuhan tidak dapat terpenuhi.trim

  67. saya berminat u.beternak babi,tapi saya tidak tau caranya yg benar,saya mau jd peternak babi krn usaha ini menjanjikan,mengikuti pelatihan2x u.peternak pemula mau.Siapa yang mau tolong saya ?

  68. Saya suka dengan berternak babi tapi ada sesuatu hal yang menghalangi selalu dalam berternak yaitu antara lain penyakit yang sering memusnakan babi pada saat ini namun yang menjadi pertanyaan sekarang adalah ” bagaimana cara mengobati babi tersebut dan apa saja obat yang harus dilakukan.

  69. sangat haraps sekali dengan jawabannya

  70. syaloom semuanya, untuk babi yang sering mencret sebaiknya saat babi kecil umur 3 hari disuntuik gunakan obat Ferdex Plus 1Cc dan umur 7-8 hari disuntik lagi ferdex plus karena obat ini disamping bisa mengurangi kurang darah juga terhindar dari mencret disamping itu kandang nya jangan sering basah , utk kotoran maupun air kencing induk babi harus diangkat/di tampung ok slmt mencoba

  71. di daerah saya di Kecamatan Sonder kab minahasa sulut banyk peternak babi lokal/peternak kecil2lan yang sukses sampai sekarang jumlah peternaknya ribuan kepala keluarga, kami menggunakan cara berternak atau pemberian makannan melalui petunjuk yg ada di dlm ransum kosentrat 152 atau pelet 550/551sehingga menghasilkan babi yang cepat panen hanya 3 1/2 bulan babi bisa mencapai 100 Kg bahkan lebih tergantung asal atau keturunan babi dan rata2 turunan babi di daerah saya babi impor/murni bukan silang dgn babi lokal artinya induk babi betina dgn jantan harus babi murni , yg berminat utk cara beternak babi silakan study banding di daerah saya di desa Tounelet Kab Minahasa Prop Sulawesi Utara ok

  72. pak bagaimana untuk mendapatkan Anak babi keturunan Impor misalnya Babi Durok dll dimana kita harus menghubunginya agar bisa masuk kedaerah saya Trims

  73. ini alamat saya pak Robinmamentu@ymail.Com atau No Hp 085343756886

    • pak robin saya email di alamat bapak tp tdk masuk.ada alamat email yg baru.by : alfa

  74. untuk mendapatkan babi murni.. atau tidak perkawinan silang gimana yh?

  75. saya mau bertenak babi , saya terkendala dengan pakannya , dimana bisa beli dan pakan yang bagamana bisa membuat babi cepat besar dengan berat maxksimal

  76. kalau mau beternak babi apa2 saja makanan tambahannya selain dedak dan hijauan supaya cpt panen????

  77. We stumbled over here from a different web page and thought I might as well check things out.
    I like what I see so i am just following you.

    Look forward to going over your web page yet again.

  78. bagaimana dapatkan VETERNA,khusus di papua?

  79. Mari berdiskusi ternak babi juga di Grup Facebook

    https://www.facebook.com/groups/itbsumut

  80. g mn ya cara membuat babi cepat gemuk

    • setau saya
      diberi makan 2 kali.pagi dan sore.tempatnya jg harus rajin dibersihin.supaya babinya ga mencret dan sesek napas.


Berikan Balasan

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

