Oleh: agroihutan | Agustus 11, 2008

Jagung China dikembangkan di Sumut (Kompas, o3o1o7)

dari file AGRO

Jagung Hibrida China Dikembangkan di Sumut

(KOMPAS, 030107)

Medan, Kompas – Bibit jagung jenis ZW 802 Hybrida asal China produksi Jilin Futian Seed Company, China, segera ditanam di Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara. Uji coba pertama menggunakan 10 kilogram bibit.

“Kami masih mengurus administrasi impor bibit dari China itu karena saat ini bibit terhambat di Bandara Soekarno-Hatta,” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sumatera Utara (Sumut) Bintara Thahir, Selasa (2/1).

Menurut Bintara, impor bibit itu terhambat karena perusahaan pengimpor bibit, yakni PT Kurnia Mira Tana di Medan, belum pernah melakukan impor bibit.

“Makanya kami membantu perusahaan itu,” kata Bintara beberapa saat sebelum berangkat ke Jakarta.

Uji coba penanaman jagung itu dilakukan PDC International PTE Ltd Singapore di Kecamatan Sibisa, Toba Samosir. PDC International yang Oktober lalu melakukan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Toba Samosir untuk membudidayakan jagung di kawasan tersebut mensyaratkan bibit jagung yang akan ditanam berasal dari China.

Bibit itu diperkirakan mampu memproduksi 12 ton jagung per hektar, lebih tinggi dari rata-rata produksi jagung Indonesia yang tujuh ton hingga sembilan ton per hektar. Jagung perintis yang dipanen Oktober lalu di Sumut berproduksi 9,2 ton per hektar.

Pemerintah Kabupaten Toba Samosir secara bertahap akan menyediakan lahan hingga 40.000 hektar untuk budidaya jagung tersebut. Produksi jagung di Sumut tercatat 735.000 ton per tahun atau 2.013 ton per hari dengan luas tanam sekitar 200.000 hektar. Jumlah itu tidak cukup untuk memasok kebutuhan pakan ternak di Sumut yang 1.000 ton jagung per hari sebab jagung juga didistribusikan ke tempat lain. (wsi)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: