Yes, hello….

Ya, halaman ini memang kami buka untuk jendela komunikasi, menampung pendapat-pendapat dan komentar-komentar Anda tentang apa saja di blog ‘Agroihutan’ ini untuk kepentingan kita bersama (disamping Anda juga bisa memberikan komentar langsung pada rubrik-rubrik yang ada). Kalau ada pertanyaan yang susah dijawab, mudah-mudahan pembaca lain bisa membantu menjawab…..

Terimakasih dan Horas

Agroihutan

17/08/08

———————————————————————–

SURAT DARI PAGARBATU

Para pencinta AgroIhutan yth,
Sejak 1 Juli 2008 telah mulai dilaksanakan “parakerin” (praktek kerja industri) atau PKL (praktek kerja lapangan) untuk 100 siswa SMK-Pertanian kelas 3 dari 3 sekolah SMK-Pertanian yaitu SMK-Pertanian dari Pangaribuan (57 siswa), Siborongborong (22 siswa) dan Pahae Julu (21 siswa) dan pelatihan ini akan berakhir pada tanggal 30 September 2008.

Tugas mereka adalah melakukan “project work” yaitu kegiatan dari mulai pengolahan lahan, pembibitan, pemupukan, pemeliharaan tanaman, panen, pasca panen serta analisa dan menuangkannya dalam kertas kerja yang harus dipertahankan dimuka komisi penguji. Selain itu kepada peserta diberikan pelajaran bagaimana caranya membuat kompos, pupuk organik, biopestisida, pengolahan hasil pertanian. Dalam kegiatan ini para siswa tinggal di  asrama AgroIhutan. Para siswa punya kewajiban membayar Rp. 180,000 per bulan, dan AgroIhutan menyiapkan makanan 3 kali sehari yaitu makan pagi, makan siang dan makan malam. Selain makanan juga disiapkan peralatan pertanian mulai cangkul, traktor baik roda dua maupun roda empat, alat pemotong rumput dan kebutuhan lainnya.

Mereka dilatih para ahli pertanian dan ahli pengolahan hasil pertanian. Perlu disampaikan bahwa Pemerintah Daerah turut partisipasi dalam pelatihan ini dengan memberi sokongan keuangan sehingga konsumsi yang layak dapat dinikmati oleh para siswa. Terima kasih kepada Bapak Bupati Tapanuli Utara, semoga bantuan seperti ini dapat terus berlangsung. Memang Bapak Bupati Tapanuli Utara besar sekali minatnya dalam meningkatkan ketrampilan SDM.
Kemudian tahap berikutnya akan masuk siswa2 SMK-Pertanian dari Pagaran dan Losida Siatas Barita yang jumlahnya 108 orang. Pelatihan ini dilakukan 2 tahap karena AgroIhutan tidak dapat menampung siswa sebanyak 200 orang.
Sebelum melakukan pelatihan pertanian, para siswa sudah bangun jam 05.00 pagi dan 05.15 mereka mulai senam pagi selama 30 menit dan dilanjutkan dengan lari/jalan sejauh 2 km dan kemudian melakukan pembersihan halaman dan lingkungan.
Sekian keterangan kegiatan AgroIhutan saat ini.
Terima kasih,

Leo T.

31/08/08

 

hasil pengolahan produk2 pertanian

hasil pengolahan produk2 pertanian

siswa2 yang sedang PLK di Pagarbatu

siswa2 yang sedang PLK di Pagarbatu

Responses

  1. Horas,
    Usulan atau harapan saya singkat saja, semoga suatu waktu kelak Agroihutan bisa menjadi salah satu obyek agro-wisata juga di Tapanuli Utara…
    Tim M.

  2. Mudah2an tdk hanya di Tapanuli Utara saja, tapi juga bisa menjadi contoh utk daerah2 lainnya./sk

  3. Terimakasih Bang Tim dan Mang Karso atas komentarnya.
    Mang Karso nanti, kalau jalan-jalan ke Indonesia silahkan mampir di Pagarbatu nan sejuk itu.
    Servis ditanggung memuaskan….🙂

  4. Terima kasih sudah me-link website kami-kami di Praha ke agroihutan….web agrohutan ini bisa menjadi teladan untuk daerah-daerah lain di Indonesia supaya jangan asal bicara saja melainkan berbuat secara nyata misalnya melalui web memperkenalkan kampung halamannya…bravo bravo bravo

    HORAS

    Teddy – salah satu moderator hospoda

  5. trims setelah saya membuka halaman {yes hello}ini photo alumni angkatan kedua ternyata udh ada ,semoga alumni alumni dari p4s agro ihutan bisa,maju,hebat dan mandiri kayak semangat jam 5 pagi itu

  6. haras
    aqroihutan memberikan yg terbaik buat saya sendiri ,,,,
    sebagai alumni pelatihan angkatan ke-II
    dari smk n losida siatas barita

  7. agroihutan salah satu cara mengembangkan daerah tertinggal seperti daerah tapanuli . kami dukung , kami akan datang untukmu . agroihutan suatu cara positif mari masyarakat tapanuli semua berkaryalah di agroihutan , mari kita buat agroihutan yang lain , dan semoga .

  8. pagar batu memberikan yg terbaik buat kami semua…hingga saya bisa jd seperti ini, terima kasih buat semua pengurus AGROIHUTAN. Terutama buat bapak LEO .TOBING


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: